Edisi jurnal ini mengangkat tema Edukasi dan Literasi Informasi Geohidrometeorologi sebagai respons terhadap meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pemahaman yang komprehensif terkait potensi dan dampak bencana geologi, hidrologi, dan meteorologi. Melalui kumpulan artikel ilmiah, kajian kebijakan, serta praktik baik dari berbagai daerah, jurnal ini menyajikan beragam perspektif mengenai strategi penyebaran informasi, penguatan kapasitas, serta pengembangan media edukatif berbasis data dan teknologi. Fokus utama edisi ini adalah mendorong peningkatan kesadaran, kesiapsiagaan, dan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana melalui pendekatan literasi yang inklusif, kolaboratif, dan berkelanjutan. Diharapkan, publikasi ini dapat menjadi referensi strategis bagi praktisi, akademisi, dan pembuat kebijakan dalam membangun ekosistem edukasi kebencanaan yang efektif dan berdampak luas.

Diterbitkan: May 31, 2022